home

search

Selasa, 13 April 2010

hacker bukanlah kriminal

HACKER BUKANLAH KRIMINAL……………
Oleh : M. Ali S.
saya rasa istilah ini tak asing lagi di telinga kita. Ya, emang bagi para internat mania kata hacker dan cracker sudah akrab sekali. Tapi pada tahu nggak apa hacker dan cracker itu?
Hacker berkonotasi negative dewasa ini, banyak orang mengira salah dengan hacker. Padahal pekerjaan hacker sangat mulia lo…., ko bisa ?
, hacker bukanlah criminal(cyber crime), melainkan cracker lah penjahat maya yang sesungguhnya. Kita harus bias membedakan antaranya. Hacker dan cracker memiliki arti yang berbeda walaupun memiliki bidang yang sama yaitu bobol membobol. Tapi hacker lebih memfokuskan pada menjaga suatu system sedangkan cracker lebih kepada membobol atau menerobos suatu system tanpa izin dan takbertanggungjawab
Apa itu hacker?
Hacker banyak devinisinya, namun pada intinya pekerjaan hacker ialah mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan.
Istilah hacker dulunya berasal dari anggota budaya bersama suatu komunitas yang terdiri dari para programer mahir dan ahli jaringan, sejarahnya bermula dari dekade minikomputer pertama yang memiliki time-sharing dan zaman eksprimen awal ARPAnet. Hacker yang membangun internet, hacker yang membuat sistem operai Unix menjadi seperti sekarang, hacker yang mengoperasikan Usenet, hacker yang membuat Worl Wide Web berjalan. Anda bagian dari budaya ini? Jika anda menyumbangkan sesuatu untuk budaya ini, dan rekan lain di dalamnya mengenali Anda sebagai seorang hacker, maka seorang hackerlah Anda.
Jasa hacker sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Google, Yahoo, dan Microsoft , dll.

Lalu cracker?
Sudah saya singgung di atas,cracker adalah lawan terberat hacker, karena cracker bertujuan untuk merusak suatu computer melalui internet. Seorang cracker selalu mencari kelemahan dari suatu system,mengobrak-abrik,atau bahkan cracker dapat menggondol uang suatu perusahaan dalam hitungan menit saja. Benar-benar hebat. Sangat berkeblikan dengan hacker kan? Gimana sobat matris……?
Sobat matris, menjadi seorang hacker bagaikan seorang juru kunci suatu perusahaan yang mana ia harus menjaga semua barang yang ada di perusahaan tersebut. Akan tetapi ia sendiri bisa menjadi maling dari perusahaan tersebut. Sama halnya dengan seorang cracker, ia bisa berprofesi ganda. Maka dari itu keprofesionalan amat di butuhkan dalam dunia ini.
Bro… tertarik nggak untuk menjadi seorang Hacker.
Kalau ya, coba deh baca tips berikut.
1. Kita harus memiliki sikap sebagi hacker. Seorang hacker selalu menyelesaikan masalah dan membuat suatu hal yang berguna, sobat matris perlu mengasah keahlian dan melatih kecerdasan.
2. Kuasailah bahasa pemrogaman. Pelajari bahasa pemrogaman secara umum bukan hanya satu bahasa saja. Diantaranya seperti Pyton, C, Perl, dan LISP.
3. Mahirlah mengoperasikan SO. Pelajari Sistem Operasi, terutama Linux dan Unix BSD karena sistem operasi tersebut paling banyak digunakan di internet dan berperan penting dalam perkembangan internet.
4. Pelajari Worl Wide Web
Maksudnya lebih dari sekedar menggunakan browser, tetapi mempelajari cara menulis HTML, bahasa markup Web.
5. Pelajari Jaringan Komputer
Jaringan komputer yang menghubungkan kita dengan orang lain di internet, sehingga perlu memplejari Jaringan komputer.

Jelaslah kalau Hacker bukanlah cracker, kita haerrus membuang negative thinking kita . berfikirlah kritis terhadap segala sesuatu, berfikir untuk selalu kedepan dengan teknologi apapun background kita. Itulah sedikit opini saya, semoa bermanfaat bagi kita semua, kalau ada salahnya ya kririk ku tunggu. Be spirit………………, Technology Yes.!!!!!!!!!

2 komentar:

.......................... mengatakan...

ali bento

.......................... mengatakan...

ali bento + gateli

Posting Komentar